Reksa Dana: Investasi Mudah, Risiko Rendah

Risiko Reksa Dana

risiko reksa dana.png

Anda tentunya memahami bahwa selalu ada peluang risiko dalam segala jenis investasi, termasuk reksa dana. Namun tingkat risiko reksa dana bergantung pada jenis reksa dana tersebut. Biasanya semakin tinggi return sebuah reksa dana, maka peluang risikonya juga akan tinggi. Misalnya, jenis reksa dana saham akan memberikan return yang lebih tinggi dibandingkan reksa dana pendapatan tetap, namun tentunya risiko reksa dana saham juga lebih tinggi. Berikut berbagai macam risiko yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan investasi reksa dana:

 

2. Risiko Likuiditas

Risiko Likuiditas akan terjadi apa bila kebanyakan dari para investor suatu reksa dana melakukan penjualan atas unit reksa dana yang mereka miliki. Maka para manajer investasi mungkin menemukan kesulitan dalam mencarikan dana tersebut dalam waktu yang singkat. Untuk meminimalisir risiko ini, Anda perlu mencari tahu ketentuan dari produk reksa dana yang Anda pilih. Umumnya, manajer investasi membatasi jumlah penjualan maksimal setiap harinya, hingga 20% dari total Nilai Aktiva Bersih (NAB). Jika produk reksa dana yang Anda pilih memiliki ketentuan tersebut, artinya manajer investasi berupaya meminimalisir risiko likuiditas.

 

3. Risiko Wanprestasi

Risiko Wanprestasi adalah risiko yang timbul apa bila salah satu pihak atau beberapa pihak yang terlibat dalam pengelolaan dana tidak dapat memenuhi kewajibannya yang juga memungkinkan terjadinya penurunan nilai aktiva bersih reksa dana tersebut. Oleh karena itu, investor reksa dana pemula diharuskan untuk mengenali manajer investasi dan bank kustodian produk reksa dana tersebut terlebih dahulu. Pastikan manajer investasi yang Anda pilih serta bank kustodian produk reksa dana Anda adalah institusi yang sehat serta terpercaya dengan track record yang baik.

Kenali Investasi Lebih Dekat

Apa itu Investasi?

Rabu, 24 Juni 2015


Mengapa Perlu Investasi?

Rabu, 24 Juni 2015


Jenis-Jenis Investasi

Rabu, 24 Juni 2015

Reksa Dana: Investasi Mudah, Risiko Rendah

Apa itu Reksa Dana?

Rabu, 24 Juni 2015


Mengapa Reksa Dana?

Rabu, 24 Juni 2015


Jenis-Jenis Reksa Dana

Rabu, 24 Juni 2015


Risiko Reksa Dana

Rabu, 24 Juni 2015


Reksa Dana Paling Tepat untuk Anda

Rabu, 24 Juni 2015

Sebelum Investasi Reksa Dana

Setelah Membeli Reksa Dana

Membeli Reksa Dana

Rabu, 24 Juni 2015


Menjual Reksa Dana

Rabu, 24 Juni 2015


Memantau Reksa Dana

Rabu, 24 Juni 2015