Berita

Hobi Sederhana yang Menghasilkan Uang

Artikel Tanggal: Jumat, 22 November 2019

Hobi Sederhana yang Menghasilkan Uang

 
Di zaman yang serba canggih ini, apa pun sudah bisa dimanfaatkan untuk mendatangkan keuntungan. Bahkan, hobi sederhana yang biasa Anda tekuni hanya untuk bersenang-senang sebenarnya bisa Anda manfaatkan untuk menghasilkan uang. Bayangkan saja jika hobi yang didasari rasa cinta dan kesukaan menjadi pekerjaan Anda, pasti pekerjaan tersebut akan Anda jalankan dengan sepenuh hati sehingga hasilnya pun akan memuaskan.
Kapan lagi Anda bisa melakukan sesuatu yang menyenangkan dan pastinya menjadi mudah untuk dikerjakan serta menghasilkan uang kalau bukan menjadikan hobi sebagai pekerjaan. Namun, masih banyak orang yang belum tahu dan mengerti macam-macam hobi yang dapat menghasilkan uang. Nah, berikut macam-macam hobi sederhana serta cara menghasilkan uang dari hobi tersebut.

1. Hobi Menulis
Jika Anda memiliki hobi menulis, jangan biarkan hasil tulisan Anda hanya tersimpan di laptop atau pun buku harian. Segera maksimalkan hobi menulis Anda dan manfaatkan agar dapat menghasilkan uang dengan cara mengirimkan tulisan Anda ke penerbit buku. Bahkan sekarang ini, coretan-coretan kecil bermakna tentang kehidupan sehari-hari dapat laris manis bila dijual di pasaran. Lihat saja novel flash fiction berjudul NKCTHI Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini karya Marchella FP yang berhasil terbit hingga 130.000 eksemplar. Royalti yang didapat penulis dari penerbit buku biasanya sebesar 10% per eksemplar. Ini berarti, dengan harga buku Rp125.000 per eksemplar, Marchella FP berhasil mendapat royalti sebesar Rp1.625.000.000.
Bisa Anda lihat baik-baik berapa jumlah angka nol-nya? Sangat menggiurkan, bukan? Oleh karena itu, segera maksimalkan tulisan Anda dan jangan pernah malu atau ragu lagi untuk mengirimnya ke penerbit buku. Jika Anda masih ragu, Anda bisa memulai dengan mem-posting tulisan Anda di blog atau Wattpad yang bisa dijangkau banyak orang untuk dapat melihat terlebih dahulu respon pembaca terhadap tulisan Anda sebelum mengirimnya ke penerbit.

2. Hobi Fotografi
Memotret memang sangat menyenangkan saat dilakukan. Apalagi jika bisa menghasilkan uang. Jadi, jangan biarkan hasil foto Anda hanya bisa Anda nikmati sendiri. Jika Anda memiliki hobi fotografi, Anda bisa mengembangkan diri Anda dengan cara mengikuti komunitas fotografi. Dengan cara itu, skill fotografi Anda akan lebih terasah dan memudahkan Anda mendapat informasi mengenai lomba-lomba fotografi yang bisa Anda ikuti untuk mendapatkan keuntungan. Selain itu, alternatif lainnya adalah dengan cara menjual hasil foto Anda secara online. Anda bisa memanfaatkan online stock photo agency, seperti 123rf, ShutterStock, Dreamstimes, atau untuk situs lokalnya ada AyoFoto. Jika Anda sudah merasa andal dalam dunia fotografi, Anda bisa mulai membuka jasa foto prewedding atau dokumentasi untuk keuntungan yang lebih menjanjikan.

3. Hobi Memasak
Kalau Anda memiliki hobi yang satu ini, sangat disayangkan jika hanya menikmatinya sendiri. Pasti akan ada rasa bangga tersendiri ketika masakan Anda dapat disukai banyak orang. Oleh karena itu, jika Anda sudah sering mendapat pujian dari keluarga karena masakan Anda yang enak, mulailah dengan mencoba membuka usaha katering atau bahkan bereksperimen dengan menu-menu baru yang belum pernah dibuat orang lain. Belakangan ini, makanan-makanan yang dibuat dengan cara baru dan unik akan lebih laku di pasaran. Lalu Anda dapat menggunakan media Instagram untuk memasarkan hasil masakan Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti ajang pencarian bakat memasak yang sering diadakan media. Anda tidak akan tahu seberapa besar kemampuan Anda jika Anda tidak menggalinya semaksimal mungkin.

4. Hobi Melukis
Kalau Anda memiliki bakat melukis, jangan mau lagi jika teman Anda meminta Anda melukis dirinya secara gratis. Mulailah raup keuntungan dari hobi Anda dengan cara membuka jasa melukis. Anda bisa mulai mempromosikan hasil lukisan Anda melalui blog atau Instagram. Banyak orang yang mencari jasa melukis sebagai hadiah untuk pasangan, hadiah ulang tahun, hadiah wisuda, dan lain-lain. Sebagai contoh, jasa melukis karikatur di Blok M pada kanvas ukuran 2R dengan warna hitam putih saja dibandrol dengan harga Rp400.000. Sangat disayangkan jika hobi Anda ini tidak Anda gunakan untuk meraup keuntungan.

Bagaimana? Anda yang memiliki hobi di atas pasti mulai tergiur untuk menjadikan hobi Anda sebagai pekerjaan, bukan? Jadi, tunggu apa lagi? Jangan sia-siakan hobi Anda dan mulailah menjadikannya pundi-pundi uang. Apalagi pekerjaan ini bisa menjadi sambilan dari pekerjaan pokok Anda dengan cara menerima pesanan di waktu luang atau pada hari libur sehingga pendapatan Anda menjadi lebih besar. Untuk dapat melipatgandakan lagi keuntungan Anda, mulailah menginvestasikan sebagian pendapatan Anda pada reksa dana setiap bulan. Seperti menyimpan uang Anda di rekening bank, bedanya menabung di reksa dana membuat uang Anda berbunga lebih besar dan tanpa biaya admin. Dengan ini, tidak menutup kemungkinan Anda bisa menjadi jutawan di usia muda.

Penulis: Ester Lidya Norisa
Sumber Gambar: Freepik.com
X

X