Artikel - Ahli

Membangun Negara dengan THR

Artikel Tanggal: Kamis, 07 Juni 2018

Banking icons Free Vector


Minggu-minggu ini mungkin adalah minggu paling ditunggu oleh sebagian karyawan, pembayaran THR sebagai hak mereka kemungkinan akan segera terbayarkan. Mendapatkan penghasilan lebih di luar penghasilan rutin memang menyenangkan, terlebih bila penghasilan tadi cukup besar sehingga bisa digunakan untuk kepentingan lain.

Saya kali ini tidak akan membahas tentang pengaturan THR karena menurut saya sudah sering dibahas dan saya telah menuliskannya pada artikel di media ini tahun sebelumnya. Namun saya sedikit ingin membahas bahwa dengan THR sebenarnya kita bisa membangun dan membantu pembangunan negara. Penggunaan THR dengan beragam caranya menjadikan kita berperan dalam pembangunan negara dan memajukan perekonomian negara.

Memang sih jarang kita sadar bahwa yang kita lakukan dengan THR sebenarnya banyak membantu perekonomian negara kita.Bagaimana hal itu mungkin terjadi :

1.      Berbelanja

THR dibagikan sebagai bantuan untuk pengeluaran yang bertambah dan tinggi di hari besar. Kenaikan harga dan beragamnya kebutuhan mendadak di hari besar membuat penghasilan rutin tidak akan bisa menyelesaikan tuntutan pengeluaran tadi. Misalnya biaya untuk mudik, keutuhan khusus lebaran yang harus keluar seperti pakaian baru dan lainnya, sampai dengan uang amplop juga menjadi pengeluaran wajib untuk dikeluarkan. Jadi enggak heran bagaimana pentingnya THR sebagai penyelamat keuangan keluarga. Nah pertanyaannya bagaimana membelanjakan THR bisa memajukan negara? Sederhana, setiap pembelanjaan yang kita lakukan. Pada dasarnya menggerakkan roda ekonomi dalam suatu sistem ekonomi yang besar. Misal membeli baju muslim saat lebaran, si penjual mendapatkan keuntungan dari pembelian baju oleh Anda, sementara baju jadi tadi ada peran penjahit disitu, dia mendapatkan upah jahit atas jasa yang dilakukan, dan penjual kain mendapatkan keuntungan dari penjahit. Sementara pekerja di pabrik kain di gaji karena ada pembelian kain begitu seterusnya, dan jangan terlupa, dalam setiap perpindahan uang tadi ada pajak yang terjadi, baik itu pajak penghasilan maupun pertambahan nilai. Nah pajak tadi membantu keuangan negara. Jadi dengan membelanjakan THR Anda membantu keuangan negara.  Apalagi bila pembelanjaan dilakukan semuanya adalah murni barang dalam negeri dan tidak ada import. Anda sudah benar-benar membantu negara.

 

2.      Investasi

Selain berbelanja,bisa jadi Anda mengalokasikan sebagian dana untuk masa depan Anda dengan investasi. Sepertinya sederhana tapi tahukah Anda bahwa Anda membuat negara kita bergerak karena tindakan Anda? Membeli reksa dana di www.reksadanaku.com mungkin bagi Anda adalah tindakan rutin yang sudah tiap bulan dilakukan, plus sekarang ditambah karena adanya sejumlah dana tambahan dari THR. Tapi pembelian Anda sebenarnya telah membantu perusahaan bisa bergerak lebih lincah karena adanya dana yang Anda masukan melalui reksa dana tadi. Misalnya Anda membeli sebuah reksa dana pasar uang yang komposisi utamanya adalah deposito dan obligasi jangka pendek. Maka dana Anda oleh si Manajer Investasi akan diletakkan di deposito atau dibelikan reksa dana jangka pendek, yang mana secara tidak langsung uang Anda telah membantu perusahaan tadi memperoleh pendanaan jangka pendek mereka. Misal mereka bisa membayarkan gaji karyawannya, membayarkan utang yang dimiliki, sehingga perusahaan bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan dan keunungan tadi akan memberikan pajak ke negara. Dan itulah peran kita, dengan investasi kecil yang kita lakukan, kita sudah membantu negara bisa tumbuh di keuangan. Apalagi bila perusahaan tadi adalah perusahaan eksportir, maka pemerintah selain dapat pajak, juga mendapatkan devisa dari pembelian pihak luar negara.

 

3.      Mandek

Bsagaimana kalau Anda tidak menggunakan THR Anda sama sekali? Enggak berbelanja dengan uang THR, tidak juga berinvestasi walaupun ada uangnya. Apakah THR Anda membangun negara? Sama saja. Kan uang THR Anda enggka Anda ambil tunai dan simpan di bawah bantal kan, artinya uang tersebut tersimpan di perbankan. Nah oleh perbankan uang tadi di pinjamkan ke perusahaan untuk melakukan investasi. Misal membangun pabrik baru. Nah akibatnya tenaga kerja bertambah, keuntungan bertambah, negara dapat uang dari keuntungan perusahaan, gaji karyawannya dan juga efek perputaran uang karena belanja baik itu perusahaan dan karyawan yang kerja di perusahaan. Jadi tetap THR And amembantu keuangan dan perekonomian negara.

Adanya THR memang menyenangkan, dan lebih menyenangkan lagi bahwa dengan adanya THR Anda telah membantu perekonomian negara.Benar sih dengan membelanjakannya saja Anda sudah membantu. Tapi alangkah lebih baik bila Anda tidak sekedar membantu negara, tapi juga membantu diri Anda dengan menginvestasikan sebagian dana THR untuk masa depan.

X

Featured Post


Menyesal Saat Investasi Turun, Percuma!

Senin, 09 July 2018


Diskon.. Diskon..

Jumat, 11 Mei 2018


Produk Investasi Bukan Spekulasi

Kamis, 12 April 2018


3 Strategi Dasar Berinvestasi

Senin, 12 Maret 2018


Reksa Dana Untuk Pensiunmu

Selasa, 20 Februari 2018


Investasi Terbaik di Tahun 2018

Senin, 11 Desember 2017


3 Anggapan Salah Tentang Reksa Dana

Selasa, 14 November 2017


4 Trik Awal Memulai Investasi

Selasa, 10 Oktober 2017


4 Kebiasaan Buruk Yang Membuat Anda Gagal Berinvestasi

Senin, 11 September 2017


Portofolio Reksa Dana, Perlukah?

Senin, 07 Agustus 2017


Rugi dan Potensi Rugi

Senin, 10 July 2017


Berkah Ramadhan

Jumat, 16 Juni 2017


Reksa Dana Sebaiknya Beli Dimana ?

Jumat, 26 Mei 2017


Tips Menggunakan Reksa Dana Sebagai Sarana Investasi

Kamis, 16 Maret 2017


Upah Di Atas UMR Sedikit dan Memiliki Utang, Bagaimana Mengelola Keuangannya?

Rabu, 18 Januari 2017


X